Profile Lulusan:Hakim pengadil-an agama bidang ekonomi &

bisnis syariah Konsultan bisnis syariah Notaris Syariah

Arbiter bisnis dan keuangan syariah  Praktisi lembaga keuangan syariah untuk legal & contract drafterPengacara di bidang bisnis ekonomi syariahPeneliti dan akademisiDewan pengawas syariah Panitera di pengadilan agama

  •  

 

PROFIL LULUSAN

Profesional di bidang hukum; Hakim, Panitera, Jaksa, Pengacara, dan Notaris Akademisi dalam bidang hukum keluargaPegawai pada instansi dan lembaga yang bergerak dalam bidang hukum Konsultan hukum keluarga Islam dan hukum perdata yang profesional Peneliti untuk isu-isu hukum keluarga

 

PROFIL LULUSAN

  • Akademisi/DosenLegal OfficerMediator
  • Konsultan SyariahLegal Drafter PenelitiPraktisi HukumNegarawan dan politisi
  • Pejabat Dinas Konsuler Luar Negeri

              

 

Pengumuman

Kalender Akademik

No events

WORKSHOP KURIKULUM JURUSAN ZAKAT DAN WAKAF

Dalam upaya mempersiapkan kurikulum Jurusan Zakat dan Wakaf (Zawa), Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) IAIN Tulungagung menyelenggarakan Workshop Penyusunan Kurikulum Jurusan Zakat dan Wakaf, yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Mei 2014 di Gedung Rektorat lantai 3 IAIN Tulungagung. Pada workshop ini, FASIH menghadirkan 2 narasumber dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Dr. Sudirman, M.A), dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Dr. Ali Sodiqin, M.Ag.).

Workshop ini diselenggarakan atas dasar bahwa Jurusan Zakat dan Wakaf Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum merupakan bagian dari sistem pendidikan tinggi diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai standard serta mampu bersaing secara global. Dalam penyusunan kurikulum jurusan perlu dipikirkan agar keluaran yang diharapkan, sasaran, dan tujuan pendidikan yang akan dicapai kurikulum tersebut, tidak memuat nilai-nilai dasar yang cepat usang dan/atau tidak relevan. Akan tetapi, kurikulum harus responsif pada perubahan kebutuhan stakeholders terhadap lulusan jurusan tersebut.

Kurikulum merupakan “jalur pacu” atau “kendaraan” untuk mencapai tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan dari suatu jurusan. Untuk suatu jurusan perlu dirumuskan sesuai dengan tujuan pendidikan dan tuntutan kompetensi lulusan, sehingga lulusan jurusan tersebut memiliki keunggulan komparatif di bidangnya. Kurikulum bersifat khas untuk suatu jurusan, sebagaimana juga kekhasan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan dari suatu jurusan tersebut.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan yang diresmikan oleh Bapak Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. Di antara sambutannya, Bapak Rektor menyampaikan bahwa jurusan Zakat dan Wakaf ini merupakan jurusan yang baru sebagaimana Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 169 Tahun 2014 tanggal 15 Januari 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Zakat dan Wakaf IAIN Tulungagung, sehingga pada tahun akademik 2014/2015 nanti tentunya baru memiliki mahasiswa angkatan pertama. Karena masih baru dan angkatan pertama, maka tahun ini Bapak Rektor tidak begitu muluk-muluk targetnya, beliau hanya mentargetkan 1 kelas (sekitar 30 mahasiswa) saja untuk Jurusan Zawa. Melalui jalur SPAN-PTAIN yang sudah ditutup pada tanggal 30 April kemarin, calon mahasiswa yang mendaftar di Jurusan Zawa ada 4 orang.Sedangkan dua jalur lainnya, UM-PTAIN mulai tanggal 6 Mei-20 Juni 2014, dan Mandiri yang akan dimulai pada tanggal 23 Juni-8 Agustus 2014.

Setalah acara pembukaan berakhir, dilanjutkan dengan materi pertama, yaitu: Manajemen Zakat dan Wakaf di Indonesia: Peluang dan Tantangan oleh Dr. Sudirman, M.A. yang menjelaskan berbagai hal tentang potensi zakat, regulasi zakat, manajemen zakat, relasi BAZNAS dan LAZ, potensi tanah wakaf, regulasi wakaf, Badan Wakaf Indonesia (BWI), tugas dan wewenang BWI, wakaf produktif, strategi wakaf produktif, dan potensi wakaf uang.

Pada hari kedua, Ahad 4 Mei 2014 diketengahkan materi kedua yaitu: Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) serta Implementasinya dalam Silabus oleh Dr. Ali Sodiqin, M.Ag. yang menyampaikan tentang hakikat KKNI dan KBK, implementasi KKNI dalam kurikulum, langkah-langkah penyusunan kurikulum, dan contoh-contoh silabus matakuliah. Kemudian dilanjutkan dengan review kurikulum Jurusan Zakat dan Wakaf yang telah disiapkan sebelumnya. Tentu saja, dalam proses ini banyak terdapat gagasan/ide dari narasumber dan juga peserta workshop, serta adanya perbedaan pandangan yang tidak bisa dinafikan dalam proses review ini. Pada sesi review ini langsung dipimpin oleh Ketua Jurusan Zakat dan Wakaf, Rohmawati, M.A.

Workshop ini ditutup oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Dr. H. Asmawi, M.Ag. Di antara sambutannya dalam penutupan ini, Bapak Dekan menyampaikan bahwa workshop ini akan langsung ditindaklanjuti dengan pembentukan tim perumus kurikulum Jurusan Zakat dan Wakaf yang akan dipimpin langsung oleh Rohmawati, M.A., sehingga hasil dari workshop ini tidak lain adalah tersusunnya kurikulum Jurusan Zakat dan Wakaf. (I Back)

Download

Polling

Jurusan yang anda minati

Hukum Keluarga - 28.9%
Hukum Ekonomi Syariah - 43.4%
Zakat & Wakaf - 14.5%

Total votes: 76
The voting for this poll has ended on: 23 Oct 2014 - 04:20

Pengunjung

144098
TodayToday28
YesterdayYesterday85
This_WeekThis_Week670
This_MonthThis_Month2519
All_DaysAll_Days144098