Visi Misi

Visi:
Menjadi Fakultas Syari’ah termuka dalam menghasilkan lulusan di bidang Hukum Islam yang memiliki Kemantapan Akidah, beraklak mulia, kompetitif, berwawasan luas, dan mampu mengembangkan ilmu-ilmu hukum Islam sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya dengan memegang teguh demokrasi dan nilai-nilai kemanusiaan.

Misi:     

  1. Mengantarkan mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum  yang memiliki kemantapan akidah, beraklaq mulia, kompetitif, berwawasan luas, serta memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
  2. Menyelenggarakn Pendidikan yang unggul dalam bidang hukum Islam
  3. Mengembangkan ilmu syari’ah dan hukum melalui pengkajian dan penelitian ilmiyah
  4. Mengantarkan mahasiswa Fakultas syari’ah dan Ilmu Hukum yang mampu menggali sumber-sumber hukum islam secara mandiri dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
  5. Meningkatkan peran serta dalm pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu syari’ah bagi terwujudnya masyarakat madani.

Strategi Pencapaian
    Strategi pencapaian disusun berdasarkan sumbangan pemikiran dari seluruh civitas akademika dan juga stakeholders terkait. Strategi ini disusun dalam sebuah renstra Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (Fasih). Penyusunan ini melibatkan Dekanat,  Jurusan, dan Kepala Bagian Administrasi serta para Kasubag. Rencana ini dihasilkan melalui rapat dan diskusi yang menjadi kerangka acuan bagi kebijakan segenap jajaran pengelola Fakultas. Renstra tersebut kemudian dijabarkan dalam rencana kerja tahunan yang disusun berdasarkan analisis SWOT.

    Adapun Sasaran dalam pencapaian visi dan misi adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan kelembagaan dan tata kelola yang berorientasi sistem informasi dan teknology
  2. Pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, dan budaya akademik
  3. Pengembangan kemahasiswaan dan alumni
  4. Pengembangan penelitian, penerbitan
  5. Pengembangan pengabdian masyarakat
  6. Pengembangan sarana dan prasarana
  7. Pengembangan kerjasama

        Usaha yang dilakukan dalam rangka pengembangan kelembagaan dan tata kelola Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum antara lain: Penataan struktur organisasi, kewenangan dan tanggung jawab dari tiap-tiap Jurusan seiring perubahan status dari STAIN menjadi IAIN serta Pelatihan bagi staf di masing-masing Jurusan.
    Demikian juga pengembangan yang dilakukan oleh  Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, disamping kelembagaan meliputi, pengembangan kurikulum, proses pembelajaran dan budaya akademik, pengembangan  kemahasiswaan dan alumni, pengembangan penelitian, penerbitan dan pengabdian masyarakat, serta pengembangan sarana dan prasarana.